Jumat, 14 Maret 2008

Istoria da Paz @ Andheena

ceritanya bagus banget.. recommended bgt deh. cerita ttg cewe... seorang editor namanya Damai yang lagi patah hati malah bukan patah lage tapi hancur berkeping2 ( ok stop it drama queen! ) yang ditugaskan untuk membukukan kisah dan aktivitas seorang guru 'Sekolah Damai'.
Sekolah Damai ini merupakan seolah alternatif bagi anak2 pengungsi Timor Leste yang berada di camp pengungsian Timor Barat. Nah di buku ini dikisahkan gimana seorang cewe kota yg sedang hancur tiba2 harus berangkat jauh untuk meliput orang, daerah dan suasana yang benar2 asing baginya.
Tapi ternyata dengan 2 minggu disana tanpa ia sadari ia sudah mengubah sudut pandangnya tentang kehidupan. Mendengar cerita2 tragis tentang kehilangan dari anak2 sekolah damai termasuk kisah tragis kehilangan dari sang guru sekolah damai, udah buad cewe ini ngerasa jauh lebih beruntung.
Dah buad cewe ini sadar ternyata masi banyak yg lebih malang dari dia. dan yang pasti da buad cewe ini berangsur2 bangkit dari keterpurukannya.

keren euy. pas gw baca buku ini kok gw tiba2 pengen ke Timor Leste yak. pengen ngerasain gmana hidup dsana. jauh dari hiruk pikuk kota.
kisah2 sederhana dari beberapa anak sekolah damai itu dah gugah hati gw. sederhana, polos, lugu, tapi nyiratin arti yang suprisingly buad gw termenung.

di sampul belakang novel ini ada quote2 dari percakapan tokoh2 di novel ini :

Masyarakat belum bisa terima perbedaan nilai. Berhubung yang umum dalam masyarakat adalah menikah, maka buat orang yang belum menikah atau bahkan memutuskan untuk tidah menikah akan dianggap aneh. Maka beramai-ramailah mereka mempercayai bahwa mereka normal jika menikah.

iya juga yaa.. bukan berarti gw ga pengen nikah ato gmna.. cuma at least nikah tuww ya bener2 kan pengen nikah. bukan karna supaya keliatan normal...fufufufufufu

Kenyamanan ini membuat kita berhenti mencari, padahal proses pencarian itu belom selesai.

yang ini bener2 buad gw tertohok.. karna gw sendiri kadang suka menyalahkan perubahan2 karna gw ngerasa udah nyaman tanpa perubahan itu. oke.. tryin 2 fix it. selamat datang perubahan!

Well, mungkin perjalanan dan pertemuan dengan orang plus suasana baru bisa membantu lo menata hati.

emang siyy suka nervous klo mo ketemu ma org baru or suasana baru. kira2 mereka bakal suka ma kita gak yaa..gtu kan.. tapi itu hal yg manusiawi bgt. mo masuk SD, SMP, SMA, Kuliah bahkan kerja juga kyk gtu kan. tapi setelah masa itu berlalu kita bisa have fun kan.
suasana baru bisa buad kita lebih 'kaya'.

Jalan Hidup manusia itu seperti garis, walaupun tidak lurus. Suatu saat mungkin terjadi persilangan, pepotongan atau persentuhan antar garis jalan hidup masing2.


hmmm... bener juga kan... kira2 sapa yaa yg bakal bersinggungan jalan hidupnya ma gw... fufuufufufufu

overall bukunya bagus... two thumbs up.


entri an blog berikutnya gw bakal quote beberapa dari novel tersbut...

abis bagus siiiyyy..

Tidak ada komentar: