Selasa, 25 Maret 2008

Indonesian Idle @ Tehsusupanas

Indonesian Idle adalah sebuah judul novel dari okke “sepatumerah”, gua tahu tentang novel ini waktu gua nyasar ke blog si pengarang yang judulnya sepatu merah (http://blog.sepatumerah.net/), blog yang sekarang menjadi salah satu blog favorit gua.

Kemarin waktu gua pulang ke Jakarta yang macet dan berdebu, gua menyempatkan diri mencari novel ini di Gramedia, dan sialnya waktu itu ada novel Sitta Karina baru. Akhirnya setelah berdebat lama dengan diri sendiri gua memutuskan untuk membeli Indonesian Idle dan I swear itu bukan karena harga bukunya yang lebih murah.

Beginilah summary bukunya,

Life’s a bitch. Indeed.

Diandra Adriani, 23 tahun, merasakannya. Setelah sekian lama menjadi kutu loncat, berganti pekerjaan setiap merasa bosan, ia harus menerima kenyataan pahit yang bikin hidupnya jungkir balik. Boss-nya yang bagai monster memecat Diandra dari posisinya sebagai staf artistik Femme, sebuah majalah perempuan prestisius ibukota. Sejak saat itu ia berada dalam keadaan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya: menjadi pengangguran dan susah mendapatkan pekerjaan.

Cukup?

Tentu belum. Karena kebodohannya, Diandra masih harus menghadapi berbagai permasalahan dalam persahabatan dan percintaan. Pokoknya, semua serba rumit.

So, gimana Diandra menyelamatkan kehidupannya?

Kalau gua kasih bintang buku ini layak dapat 3 dari 5, alur ceritanya nggak bertele-tele dan realistis, namun jangan mengharapkan sesuatu yang terlalu spesial, the story is simply about a woman’s life in her 20’s.

Gua merasa novel ini fresh banget, yang secara gamblang memberi garis besar kehidupan cewek single di kota besar. Pada kenyataannya tidak semua cewek bisa punya prince charming dan perfect job. Kita juga butuh waktu untuk tahu apa yang benar-benar kita mau dalam hidup ini, jadi gua rasa nggak ada salahnya menjadi ‘kutu loncat’ dalam proses pencariannya daripada kita terjebak seumur hidup.

Tidak ada cerita cinderella di novel ini, yang ada cuma bitter fact tentang hidup yang tidak selalu berjalan mulus. Kebohongan yang dibuat Diandra karena takut dengan reaksi ibunya, pelecehan di tempat kerja, pertengkaran dengan sahabat, dan jatuh cinta pada orang yang salah. Kita semua pernah mengalami itu, we all make mistakes and life sucks sometimes, tapi pada akhirnya kita sadar kalau itulah yang namanya hidup. Kita belajar dari kesalahan kita dan kembali melanjutkan hidup.

Diambil dari : teh susu panas.

Tidak ada komentar: