Selasa, 01 Januari 2008

Indonesian Idle @ Wikimu

Rabu, 05-12-2007 11:42:37 oleh: Ira Meida
Kanal: Gaya Hidup
Indonesian Idle

Life is so unpredictable. Realita ini yang coba disampaikan Okke ‘sepatumerah” dalam novelnya Indonesian Idle. Adalah Diandra Andriani, 23 tahun, yang suka berganti-ganti pekerjaan. Bak kutu loncat, dalam dua tahun sejak lulus kuliah, Diandra melakoni 4 pekerjaan yang berbeda. Menjadi art director di Ad Agency, menjadi asisten dosen di universitas almaternya, ilustrator di sebuah penerbitan dan tim kreatif off air di sebuah radio. Satu-satunya pekerjaan yang cukup lama ia lakukan adalah menjadi guru les menggambar anak-anak teman sekantor ibunya.

Dunia Diandra tiba-tiba berubah 180 derajat, ketika secara mengejutkan Diandra dipecat persis setelah sebulan bekerja di Femme, sebuah majalah prestius di Jakarta.

Sial… sial… sial…
Argghh…
Kok aku bisa ketiban sial seperti ini, ya?

Dan memang, life is so unpredictable. Setelah mengalami banyak hal, Diandra akhirnya bekerja sebagai art teacher di sebuah sekolah internasional di Jakarta.

Oh, well. After all I’ve been thru, at least I’ve learned something. Never take things for granted.


Okke ‘sepatumerah’ sangat pas mendeskripsikan alur kehidupan Diandra. Okke juga menggambarkan betapa sikut menyikut terjadi di dunia kerja. Ternyata KKN itu bener ada lho! Bukan sekedar isapan jempol belaka.

“Kamu, tuh, rame dibicarain sama anak-anak tiga hari ini… Kita semua bikin analisis bahwa ada permainan di kasus kamu…“

“… Mereka sempet eyel-eyelan, antara kamu atau Camilla yang mau di terima – tapi Ibu Arini memilih kamu…”


Okke juga menyindir ketidakpedulian manusia terhadap sesama. Jakarta digambarkan seperti hutan belantara. Siapa yang kuat, dia yang menang.

“Kenapa Mbak nggak naik aja tadi?” tanya ibu hamil itu.

“Ngng… kasian ama Mbak.”

“Pasti asalnya bukan dari Jakarta… baru ya, mbak?”

“Begitulah… kenapa?”

“Cuma orang-orang yang bukan dari Jakarta yang mau jadi pahlawan kesiangan.”


Walaupun di awal cerita terkesan lamban, namun lambat laun novel ini membuat saya ketagihan dan penasaran, kira-kira endingnya seperti apa. Tak salah kiranya saya acungkan jempol untuk Okke. Okke memang oke !!! ^_^


sumber : Wikimu

Tidak ada komentar: