Selasa, 01 Januari 2008

Indonesian Idle @ Belia Pikiran Rakyat

Pernah mengalami gejala alam bernama hejo tihang alias enggak pernah betah tinggal berlama-lama di sebuah tempat? Dalam pekerjaan, misalnya. Well, kalau merasa seperti itu, maka Belia harus berkenalan dengan Diandra, perempuan di awal umur 20, yang hobinya gonta-ganti kerjaan melulu.

Yup, Diandra emang punya luck yang gede banget. Ketika dia bekerja di salah satu radio, dia melamar ke sebuah majalah fashion ternama di ibu kota, and voila dia pun diterima di sana. Kinda everyone’s dream, no? Diandra akhirnya hijrah ke Jakarta, meninggalkan ibu tirinya (yang baiknya minta ampun) di Bandung. FYI, karena ini bukan kali pertama Diandra pindah kerja dalam hitungan bulan, Ibunya langsung menyimpan semua ijazah Diandra di kamarnya. Which mean, dalam waktu dekat, Diandra enggak akan bisa pindah kerja.

Ternyata, bekerja di tempat baru ini, sama sekali enggak semudah yang Diandra kira. Persaingan yang ketat banget plus gencetan dari staf senior, bikin masa training tiga bulan kerasa lamaaa banget. Oops, salah … jangankan tiga bulan, Diandra bahkan enggak bertahan lebih lama daripada satu bulan. Dia dipecat karena permainan kotor atasannya. Wuih, wuih … gimana ya nasib Diandra selanjutnya? Pulang kampung atau bertahan di rimba Jakarta yang kejam?

“Indonesian Idle” adalah debut pertama novel solo Okke sepatumerah. Yup, kali ini, Okke flying solo! Kalau pertanyaannya apakah penerbangan pertama Okke di dunia

literasi berjalan mulus dan mendarat sempurna? Tanpa ragu, belia menjawab “Everything is okay, Captain!”.

Dari awal hingga akhir cerita ini, Okke bertutur dengan lancar dan penuh humor yang cerdas. Pelesetan gosip dalam negeri yang ditulis Okke, udah cukup bikin belia tertawa terkekeh-kekeh. Jangan lupa, selipan soundtrack lagu lawas yang mampir di kepala Diandra, ini juga jitu banget buat bikin ketawa. Yang paling belia suka adalah cara pandang Diandra akan segala masalah yang menghadangnya. Bodoh dan tidak praktis, sih ..., tapi menambah konflik novel ini makin kerasa.

Pokoknya, Belia wajib baca “Indonesia Idle”. Secepatnya! Lumayan pisan buat temen ngabuburit sambil menertawakan hidup yang kadang memang menyebalkan. Great work, Okke … I can’t wait to read your next novel! ***

astrid_belia@yahoo.com


sumber dari sini

Tidak ada komentar: