Selasa, 09 September 2008

Istoria da Paz @ Narcist Bandit

Satu lagi buku karya Oke ‘Sepatumerah’ yang saya baca dalam program ‘minimal 1 minggu 1 buku’ (program yang saya dan pacar saya terapkan agar kami makin rajin membaca buku), judulnya: ‘Istoria da Paz, Perempuan dalam Perjalanan’.

Buku ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Damai Priscilla, seorang editor di sebuah penerbitan, yang hidupnya jungkir balik akibat putus dari pacar yang sudah bersamanya dalam satu rumah selama 3 tahun. Keterjungkirbalikan hidup ini diikuti juga dengan ‘keterjungkirbalikan’ cara pandang karena dalam waktu yang hampir bersamaan, Damai ditugaskan untuk pergi ke Timor Barat, mengunjungi sebuah sekolah alternatif bagi anak-anak pengungsi Timor Leste. Disana ia melihat dan merasakan banyak nilai yang selama ini absen dalam kehidupannya. Dan ini mengubahnya menjadi Damai yang lebih baik.

Bagi saya, buku ini agak lebih baik daripada buku Oke yang pertama. Awal novel lumayan bagus dengan keberanian menciptakan karakter tokoh utama yang beda dari novel-novel lain. Bagian tengah, agak membosankan karena ketebak banget. Dan bagian akhirnya lumayan meninggalkan nilai-nilai dalam hati saya. Namun sayang, perubahan emosi bahkan cara pandang tokoh-tokoh dalam novel ini terkesan dipaksakan dan terlalu cepat. Rasanya tidak semudah itu seseorang mengubah nilai yang sudah tertanam lama dalam dirinya menjadi nilai baru yang terus akan dianutnya. Selain itu, kecengengan, romantisme yang (agak) murahan, dan kebetulan-kebetulan ganjil, masih mewarnai novel ini.

Secara keseluruhan, novel ini saya masukkan dalam kategori layak pinjam.

Catatan:
Buku ini sepertinya adalah buku karya penulis Indonesia pertama yang pernah saya baca, yang mengangkat cerita tentang pekerja sosial walaupun profesi tersebut belum digambarkan secara jelas (dalam arti profesional).

dari : http://narcistbandit.com/?p=335

Tidak ada komentar: